Sayangi Jantung Anda Dengan Minum Kopi

Kopi sangat populer sebagai minuman di pagi hari untuk mengawali hari agar tubuh dan pikiran menjadi lebih segar dan juga umum digunakan sebagai minuman untuk menemani di saat tidur larut malam.
Kini ada satu lagi manfaat kopi yakni aman bagi jantung Anda.
Dalam studi yang dilakukan oleh peneliti dari Swedia, peneliti menemukan bahwa minum kopi tidak berhubungan dengan peningkatan risiko kondisi yang disebut atrial fibrilasi, yang merupakan jenis denyut jantung tidak teratur yang bisa terjadi baik pada laki-laki atau perempuan.

“Ini adalah studi prospektif terbesar hingga saat ini yang menemukan hubungan antara konsumsi kopi dan risiko fibrilasi atrium. Kami tidak menemukan bukti bahwa rutin mengonsumsi kopi meningkatkan risiko fibrilasi atrium,” kata profesor epidemiologi di Karolinska Institute di Swedia, Susanna Larsson, seperti dilansir laman Fox News, Minggu (4/10).

“Hal ini penting karena menunjukkan bahwa orang-orang yang suka kopi dengan aman bisa terus mengonsumsinya,” kata Larsson.
Dalam studi ini para peneliti melihat data dari sekitar 42.000 pria dan hampir 35.000 wanita yang berpartisipasi dalam dua studi lama the Cohort of Swedish Men and the Swedish Mammography Cohort.
Semua peserta mengisi kuesioner yang menanyakan tentang kesehatan dan diet mereka, termasuk berapa banyak cangkir kopi yang mereka minum harian atau mingguan. Selama masa tindak lanjut 12 tahun, para peneliti menggunakan the Swedish Hospital Discharge Register untuk menemukan pasien yang mengembangkan atrial fibrilasi.
Para peneliti tidak menemukan hubungan antara konsumsi kopi dan peningkatan risiko fibrilasi atrium, meskipun mereka mengamati sedikit peningkatan risiko ketika mereka membatasi analisis untuk pria. Namun kenaikan ini tidak signifikan secara statistik (yang berarti itu bisa saja karena kebetulan).
Para peneliti memperingatkan bahwa meskipun kopi tampaknya tidak meningkatkan risiko fibrilasi atrium namun kopi bisa meningkatkan risiko untuk jenis lain dari denyut jantung tidak teratur.(fny/jpnn)

Sumber : jpnn.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *