4 Tips Mencegah Anemia

Apakah anda sering merasa lemas dan sulit untuk berkonsentrasi? Jika ya, maka bisa jadi anda sedang mengalami anemia. Sulitnya berkonsentrasi dan sering merasa lemas bisa terjadi karena tubuh kurang darah atau anemia. Anemia bisa disebabkan salah satunya karena kekurangan vitamin B-12 dan zat besi. Sumber utama vitamin B-12 dan zat besi yang paling utama adalah dari makanan. Maka dari itu, untuk mencegahnya, tubuh membutuhkan asupan makanan yang bervariasi dengan kadar gizi seimbang.

Tips Mengurangi Risiko Untuk Terkena Anemia

Seperti yang dilansir dari klikdokter.com, berikut ini ada beberapa tips sederhana untuk menjaga tubuh agar tidak kekurangan darah, diantaranya adalah :
1. Mengonsumsi makanan yang kaya zat besi.
Anda bisa memenuhi kebutuhan tubuh terhadap zat besi dengan mengonsumsi makanan-makanan tertentu seperti, kacang-kacangan, hati, tahu, tiram, ikan, daging merah tanpa lemak, sayuran hijau seperti bayam, dan buah kering seperti kismis.
2. Mengonsumsi makanan yang dapat membantu menyerap zat besi.
Zat besi yang masuk ke dalam tubuh akan terasa percuma apabila tidak terserap dengan sempurna. Dibutuhkan kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin C yang dapat membantu tubuh untuk menyerap zat besi. Maka dari itu, anda sebaiknya mengonsumsi jus jeruk, brokoli, stroberi, dan buah atau sayuran yang kaya akan vitamin C.
3. Hindari minum teh atau kopi ketika makan.
Minuman-minuman ini dapat mencegah tubuh untuk menyerap zat besi.
4. Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B12.
Penuhi juga kebutuhan akan vitamin B12 yang bisa anda dapat di hati sapi, tiram, telur, unggas, daging, ikan, susu, dan produk susu lainnya. Selain itu, ragi dan beberapa produk sereal juga mengandung vitamin B12.
Pastikan anda mengonsumsi makanan secara bervariasi. Makanan yang bervariasi dan memiliki gizi seimbang dapat mencegah terjadinya kurang darah. Diet terlalu ketat juga merupakan salah satu faktor risiko yang mengakibatkan anemia. Ibu hamil dan wanita pada umumnya rentan terkena anemia, terutama pada saat mereka menstruasi. Oleh sebab itu, mereka harus lebih ketat dalam menjaga kesehatan tubuhnya dengan memenuhi kebutuhan makanan-makanan yang telah disebutkan. Semoga artikel ini bermanfaat.
sumber : artikelkesehatan99.com
gambar : articlescholar.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *