Makanan dan Minuman Penangkal Penyakit Demam Berdarah

Penyakit DBD atau demam berdarah merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dengue. Virus ini berasal dari gigitan nyamuk jenis Aedes aegypti dan masuk ke peredaran darah manusia. Ada beragam faktor yang menyebabkan nyamuk jenis ini dapat berkembang biak, salah satunya adalah kurang menjaga kebersihan lingkungan. Jika anda sudah terkena demam berdarah, ada beberapa makanan dan minuman yang bisa membantu melawan penyakit ini. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini..

Makanan & Minuman Yang Efektif Melawan Penyakit Demam Berdarah

makanan sehat | demam berdarah1. Jeruk
Buah jeruk diperkaya vitamin C yang dapat membantu meningkatkan zat antibodi tubuh. Hal ini pada akhirnya akan mempercepat proses pemulihan. Selain itu, buah jeruk juga bisa membantu kesehatan pencernaan penderita demam berdarah.
2. Daun pepaya
Menurut para dokter, daun pepaya adalah makanan yang baik bagi pasien DBD karena dinilai efektif dalam melawan virus demam berdarah. Mengonsumsi daun pepaya merupakan salah satu cara alami dalam mengobati penyakit demam berdarah.
3. Teh herbal
Para penderita demam berdarah juga disarankan untuk mengonsumsi teh herbal. Teh herbal merupakan salah satu minuman terbaik untuk meredakan demam. Hal ini karena teh herbal umumnya diperkaya jahe dan kapulaga.
4. Air kelapa
Pasien demam berdarah biasanya rentan mengalami dehidrasi. Maka dari itu, minum air kelapa merupakan cara yang baik untuk mengisi ulang mineral dan elektrolit yang hilang ketika tubuh mengalami dehidrasi.
5. Jus Sayuran
Jus sayuran juga termasuk salah satu minuman yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi para penderita demam berdarah. Jus sayuran yang dimaksud adalah campuran antara mentimun, wortel, dan sayuran hijau lainnya. Para ahli mengatakan bahwa jus yang berbahan dasar sayuran organik mengandung segudang nutrisi yang bermanfaat dalam mempercepat proses penyembuhan pasien demam berdarah.
6. Jus buah
Selain jus sayuran, jus buah yang kaya akan vitamin C juga memberikan manfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Meningkatnya sistem kekebalan tubuh akan memberikan dampak positif terhadap proses pemulihan. Anda bisa membuat jus buah yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, pepaya, stroberi, kiwi, jambu biji, atau blewah. Anda juga bisa mengonsumsi jus lemon yang dinilai efektif dalam mengusir racun dari dalam tubuh akibat virus demam berdarah.
7. Susu
Susu mengandung sejumlah nutrisi penting seperti vitamin, protein, dan mineral kompleks. Nutrisi-nutrisi tersebut sangat berguna dalam melawan virus penyebab demam berdarah.
8. Bubur
Ketika anda ingin melawan virus penyebab demam berdarah, salah satu makanan terbaik adalah bubur. Bubur menyediakan sumber energi bagi tubuh pasien DBD. Selain itu, bubur termasuk makanan yang paling mudah dicerna dan mengandung sejumlah manfaat kesehatan.
sumber : artikelkesehatan99.com
gambar : bewellbarroncounty.org

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *