October 1, 2014

Pria Tampan | Otomotif , Teknologi , Lifestyle | PriaTampan.com

Pria Tampan | Otomotif , Teknologi , Lifestyle | PriaTampan.com

6 Tips Mengurangi Kecanduan Terhadap Junk Food

2 min read
#JunkFood #TipsMengurangiKetagihan #TipsSehat #MenghilangkanKebiasaanBuruk #Nirnutrisi

Berbagai penelitian telah memvonis junk food (makanan nirnutrisi) sebagai makanan yang tidak baik bagi kesehatan, terlebih lagi dapat memicu datangnya penyakit. Oleh sebab itu, para ahli kesehatan menyarankan kepada kita untuk mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasaan mengonsumsi berbagai macam makanan nirnutrisi alias junk food. Namun demikian, mereka sadar bahwa tidak mudah untuk mengurangi kecanduan seseorang dalam mengonsumsi junk food. Kendati begitu, bukan berarti tidak ada cara untuk menghilangkan kecanduan terhadap junk food. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi ketagihan tersebut, seperti yang akan diulas berikut ini.



Beberapa tips untuk mengurangi ketagihan junk food :

1. Ngemil sehat
Junk food memberikan efek terhadap anda untuk tidak pernah kenyang dan selalu lapar. Alih-alih mengonsumsinya, lebih baik anda mengemil makanan-makanan yang lebih sehat seperti kacang-kacangan ataupun buah-buahan.
2. Temukan pengganti
Daripada membeli makanan nirnutrisi di restoran cepat saji, anda bisa membuat makanan anda sendiri yang lebih sehat. Misalnya dengan membuat sandwich dari roti gandum berisi sayuran dan daging ayam tanpa lemak. Tidak sempat membuatnya? Banyak restoran atau kedai-kedai makanan yang menjual makanan-makanan sehat seperti ini.
3. Hilangkan kebiasaan buruk
Sering ngemil atau makan sambil menonton televisi? Jika hal tersebut sering anda lakukan, mulai sekarang sebaiknya anda tinggalkan aktivitas itu. Hal ini karena berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa makan sambil menonton TV membuat anda tidak fokus terhadap makanan, yang pada akhirnya anda tidak sadar telah menghabiskan porsi besar.
4. Hindari alkohol
Alkohol akan memperburuk penilaian anda terhadap makanan. Hal ini akan mendorong anda untuk makan segala jenis makanan, sekalipun makanan yang anda konsumsi tersebut tidak sehat seperti  junk food.
5. Cukup tidur
Tidurlah yang cukup 7-8 jam setiap malamnya. Apabila anda kurang tidur, nafsu makan anda semakin meningkat. Kecanduan anda terhadap junk food akan semakin parah.
6. Tentukan batasan
Mengurangi kecanduan terhadap junk food membutuhkan proses yang tidak instan. Untuk awal-awal proses, kurangi sedikit demi sedikit jumlah pesanan junk food saat anda membelinya di restoran cepat saji. Contohnya, pesanlah burger tanpa kentang goreng atau soda. Fase berikutnya, pesanlah hanya burger saja tanpa tambahan kentang goreng dan soda. Bila anda sudah terbiasa akan hal itu, maka hentikan kebiasaan mengonsumsi junk food sepenuhnya.

sumber : artikelkesehatan99.com
gambar : activeeducation.com.au
Baca Juga :  9 Makanan Sehat Yang Bisa Mencegah dan Mengendalikan Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *