September 21, 2014

Pria Tampan | Otomotif , Teknologi , Lifestyle | PriaTampan.com

Pria Tampan | Otomotif , Teknologi , Lifestyle | PriaTampan.com

Ingin Berpikir Lebih Kreatif ? Berolahragalah Secara Rutin

2 min read
#TipsKesehatan #Kesehatan #Sehat #OlahRaga

Olahraga tidak hanya berhubungan dengan badan yang lebih bugar ataupun badan yang lebih langsing. Berolahraga juga bermanfaat bagi otak. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa aktivitas penghasil keringat ini bermanfaat dalam meningkatkan kreativitas. Studi ini dipublikasikan pada jurnal Frontiers in Human Neuroscience.

Olahraga rutin mendorong seseorang untuk berpikir lebih kreatif

olahraga rutin dan berpikir kreatifPara peneliti dari Belanda menemukan bahwa orang yang berolahraga secara rutin cenderung menghasilkan pemikiran kreatif yang lebih baik. Menurut mereka, olahraga dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk berpikir lebih fleksibel.
Walaupun begitu, para peneliti mengatakan, ‘efek’ tersebut baru bisa dirasakan pada orang yang berolahraga secara teratur. Lorenza Colzato, ketua penelitian dari Leiden Universitym, Belanda, mengungkapkan bahwa tim peneliti menganalisa manfaat olahraga pada dua bagian utama dalam kreativitas, yakni pemikiran konvergen dan divergen.
Pemikiran divergen adalah pemikiran yang menghasilkan banyak solusi dalam menyelesaikan suatu masalah. Sedangkan pemikiran konvergen adalah pemikiran yang bisa menghasilkan satu solusi terbaik dan tepat untuk masalah tersebut.
Colzato dan tim peneliti membagi dua kelompok partisipan untuk melakukan tes kreativitas berpikir. Kelompok pertama diwajibkan untuk berolahraga setidaknya empat kali dalam seminggu, sedangkan kelompok lainnya diminta untuk tidak berolahraga.
Yang dilakukan para peneliti pada tes kreativitas berpikir tersebut adalah menuliskan hubungan dari 3 kata yang tidak saling berkaitan. Mereka menemukan, kelompok partisipan yang berolahraga mempunyai nilai yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok lainnya.

Olahraga, cara murah dan sehat untuk meningkatkan kemampuan kognitif

Colzato mengatakan bahwa aktivitas fisik sangat baik untuk meningkatkan kemampuan berpikir secara kreatif selama itu dilakukan secara rutin. Apabila tidak rutin, maka energi yang semestinya dapat digunakan untuk berpikir akan terpakai untuk bergerak. Ia menambahkan jika olahraga secara rutin adalah cara yang murah dan sehat untuk meningkatkan kemampuan kognitif, salah satunya adalah kreativitas.
Maka dari itu, jika anda menginginkan fungsi kognitif anda meningkat, janganlah ragu untuk berolahraga secara rutin.  Semoga artikel ini bermanfaat.

sumber : artikelkesehatan99.com
gambar : totalspinemn.com
Baca Juga :  10 Nutrisi Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *