September 19, 2014

Pria Tampan | Otomotif , Teknologi , Lifestyle | PriaTampan.com

Pria Tampan | Otomotif , Teknologi , Lifestyle | PriaTampan.com

5 Manfaat Selada Bagi Kesehatan Tubuh

2 min read
Selada tidak hanya menjadi pelengkap makanan seperti salad atausandwich, namun juga merupakan sayuran renyah berdaun hijau cerah yang kaya nutrisi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Di Indonesia, selada sering dimanfaatkan sebagai lalapan sama seperti timun, tomat, dan kacang panjang. Selain warnanya yang enak dilihat dan rasanya yang renyah, ada beberapa manfaat selada bagi kesehatan yang bisa kita dapatkan, seperti yang akan diulas berikut ini.

5 Manfaat selada bagi kesehatan

1. Sumber vitamin A
Selada kaya akan vitamin. Salah satu vitamin yang banyak terkandung dalam selada adalah vitamin A. Selain itu,selada juga mengandung beta-karoten. Vitamin A membantu menjaga kesehatan mata, serta juga menjaga kesehatan kulit dengan cara meningkatkan selaput lendir.
2. Mencegah degenerasi makula terkait usia
Selada mengandung zeaxanthin yang dapat membantu meningkatkan penglihatan dan mencegah katarak. Zeaxanthin memiliki sifat antioksidan dan juga membantu pencegahan penyakit makula terkait usia. Selada juga mengandung flavonoid yang dapat membantu mencegah kanker paru-paru dan mulut.
3. Memperkuat tulang
Selada mengandung vitamin K yang dapat membantu memperkuat tulang dengan cara meningkatkan massa tulang dan meningkatkan aktivitas osteotrophic dalam tulang yang juga membantu pencegahan osteoporosis. Vitamin K juga dapat mengurangi risiko kerusakan otak sehingga memungkinkan juga untuk mencegah penyakit alzheimer.
4. Meningkatkan kesuburan
Selada segar mengandung asam folat dan vitamin C yang melimpah. Asam folat membantu mempertahankan janin agar tetap sehat selama kehamilan dengan mengurangi risiko adanya kemungkinan komplikasi. Selain itu, asam folat juga membantu meningkatkan kesehatan reproduksi baik pria maupun wanita. Vitamin C dalam selada membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi.
5. Meningkatkan laju metabolisme
Selada merupakan sumber yang kaya akan berbagai jenis mineral seperti besi, mangan, tembaga, kalsium, magnesium, dan kalium, di mana zat-zat tersebut dapat meningkatkan laju metabolisme dalam tubuh. Kalium memiliki peran penting untuk mengontrol tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung dengan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Sedangkan kalsium dalam selada dapat memperkuat gigi dan tulang. Tembaga dan besi dapat membantu memproduksi sel darah merah dalam tubuh.
Itulah beberapa manfaat selada bagi kesehatan tubuh. Namun demikian anda harus tetap waspada karena selada merupakan salah satu sayuran yang paling rentan terhadap paparan pestisida. Oleh karena itu, pastikan anda mencuci selada terlebih dulu sebelum dimasak atau dikonsumsi.

sumber : artikelkesehatan99.com
gambar : healthysmoothiehq.com
Baca Juga :  Akibat Jika Mengonsumsi Mineral Berlebihan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *