Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Cara menghilangkan jerawat secara alami – “Jerawat bikin bete!!”, kata ini sering diucapkan oleh para remaja yang sedang terkena masalah kulit yang satu ini. Jerawat yang timbul biasanya membuat orang jadi bingung untuk membasmi atau menghilangkannya. Beberapa obat jerawat yang beredar di pasaran atau toko kosmetik akhirnya menjadi pilihan, terutama obat jerawat yang diiklankan di televisi, namun sebenarnya terdapat beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami. Cara menghilangkan jerawat secara alami ini lebih ramah lingkungan, aman, serta bahan yang digunakan juga mudah didapat.

Beberapa bahan dan cara menghilangkan jerawat secara alami :

1. Kulit Jeruk dan Lemon
Manfaat dari kulit jeruk dan lemon ini adalah untuk mengangkat kotoran dan residu.
Caranya adalah : haluskan kulit jeruk dengan cara ditumbuk, kemudian beri sedikit air, campur hingga menjadi seperti pasta. Oleskan pasta tersebut ke bagian jerawat, tunggu sekitar 10 menit, kemudian bilas.
2. Mentimun
Anti oksidan yang terdapat pada mentimun dapat menyejukkan kulit dan menenangkan jerawat yang meradang.
Caranya adalah : mentimun diparut, kemudian oleskan pada bagian kulit yang berjerawat dan berkomedo, tunggu hingga 20 menit, dan bilas dengan air hangat.
3. Madu
Madu juga berkhasiat untuk menghilangkan jerawat.
Caranya adalah :
  • Oleskan madu pada jerawat, diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas. Cara ini dapat dilakukan setiap hari hingga jerawat menjadi kering dan akhirnya hilang.
  • Madu dalam botol dihangatkan dengan air panas, hingga testur madu lebih cair. Aplikasikan pada wajah dengan mengoleskannya dan tunggu selama 30 menit. Bilas dengan kain yang sudah dibasahi air hangat.
4. Buah Pepaya
Buah pepaya dapat menghaluskan kulit wajah dan membuatnya lebih bercahaya.
Caranya adalah : haluskan buah pepaya dengan blender, oleskan pada jerawat yang meradang dan komedo, diamkan selama 20 menit, kemudian bilas hingga bersih, maka peradangan akan berkurang.
5. Mentimun, yogurt, dan bubur gandum
Ketiga bahan ini dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat.
Caranya adalah : haluskan mentimun ukuran kecil dan satu cangkir havermut, lalu diaduk dan campurkan dengan yogurt. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 30 menit. Bilas dan usapkan perlahan dengan kain yang sudah dibasahi dengan air hangat
6. Kuning telur
Bagian telur yang dapat menghilangkan jerawat adalah kuning telur.
Caranya adalah : kocok kuning telur yang telah dipisahkan dengan putih telur, kemudian oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit hingga mengering. Hilangkan kuning telur dengan kain dan kemudian wajah dapat dibilas dengan air hangat.
7. Buah Kenari dan Yogurt
Kedua bahan ini dapat dipadukan untuk menghilangkan jerawat.
Caranya adalah : 2 sendok teh kenari yang telah dihaluskan hingga menjadi bubuk, dicampur dengan yogurt polos. Oleskan campuran tersebut dan pijat, diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.
Itulah beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami. Semoga artikel ini berguna bagi anda yang sedang didatangi jerawat.
sumber : artikelkesehatan99.com
gambar : alhadidyunus.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *