August 13, 2014

Pria Tampan | Otomotif , Teknologi , Lifestyle | PriaTampan.com

Pria Tampan | Otomotif , Teknologi , Lifestyle | PriaTampan.com

5 Tips Menghindari Perut Kembung Setelah Sarapan

2 min read

Perut kembung – Tidak sedikit orang yang mengalami perut kembung setelah sarapan yang pada akhirnya dapat membuat mereka merasa malas untuk sarapan pagi. Padahal, sarapan pagi sangatlah penting untuk menjaga kesehatan dan menunjang aktivitas sepanjang hari. Sebenarnya, penyebab perut kembung setelah sarapan dikarenakan faktor pola hidup yang kurang baik seperti pemilihan makanan, jarang berolahraga, hingga mengonsumsi obat-obatan tertentu yang dapat mengganggu lambung. Bagi anda yang termasuk dalam kategori ini, cobalah beberapa tips berikut ini.
Tips menghindari perut kembung :

Baca Juga :  5 Manfaat Kesehatan Dibalik Pahitnya Makanan Pahit

1. Perbanyak konsumsi serat
Pilih dan konsumsi makanan yang tinggi akan serat. Serat dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kurangnya serat dapat menyebabkan datangnya penyakit serius seperti serangan jantung dan kanker.

2. Kunyah makanan sedikit lebih lama
Mengunyah adalah salah satu proses terpenting untuk proses pencernaan. Kunyahlah makanan sedikit lebih lama agar lebih mudah dicerna oleh perut. Proses mengunyah tidak hanya dapat menghancurkan makanan agar lebih mudah dicerna, namun juga dapat menjadi sebuah ‘alarm’ bagi sistem pencernaan untuk bersiap-siap dalam menerima makanan.

Baca Juga :  Vitamin untuk kesehatan kuku

3. Hindari stres
Stres selalu menjadi biang keladi terhadap menurunnya kondisi kesehatan seseorang. Salah satunya adalah berdampak negatif terhadap proses pencernaan. Stres bisa menurunkan aliran darah ke perut, membuat enzim pencernaan, serta memperlambat proses pencernaan. Hal ini mengakibatkan dada terasa nyeri, sembelit, dan perut kembung. Oleh sebab itu hindarilah stres sebisa mungkin untuk menjaga kesehatan anda tetap stabil.

4. Hindari minum obat maag berlebihan
Obat maag memang diketahui dapat membantu permasalahan nyeri dada dan asam lambung. Namun demikian, mengonsumsinya secara berlebihan akan mengubah komposisi bakteri pada lambung. Akibatnya, anda dapat lebih mudah mengalami masalah perut kembung.

Baca Juga :  Manfaat Ikan Bagi Kesehatan Tubuh

5. Olahraga
Olahraga secara teratur dapat menjaga kesehatan anda. Hal ini diperkuat dari sebuah penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology, menunjukkan jika olahraga rutin bisa mengatasi berbagai masalah pencernaan, beberapa diantaranya adalah diare, nyeri perut, dan sindrom perut sensitif.
Itulah beberapa tips menghindari perut kembung terutama setelah sarapan. Semoga artikel ini bermanfaat.

sumber : artikelkesehatan99.com
gambar : anagatastore.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *