June 4, 2020

Pria Tampan | Otomotif , Teknologi , Lifestyle | PriaTampan.com

Pria Tampan | Otomotif , Teknologi , Lifestyle | PriaTampan.com

Tips Memilih Mobil Bekas Yang Wajib Kamu Ketahui

3 min read

Bagi kalian yang menginginkan memiliki mobil bekas dengan dana terbatas tentu mempunyai banyak pertimbangan. Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan pada saat kalian ingin membeli dan menentukan mobil bekas apa yang cocok dengan kebutuhan dan budget kalian, Jangan sampai setelah kalian membeli mobil bekas ada timbul rasa kecewa dan tidak sesuai dengan ekspektasi. Berikut beberapa poin tips memilih mobil bekas untuk kalian gunakan sebagai pedoman.

Pertama kali kalian harus menentukan peruntukan dan jenis mobil untuk meminang mobil bekas. jenis jenis mobil ada banyak kalian bisa menetukan untuk apa mobil yang kalian beli. misal mobil niaga untuk berdagang maka kalian bisa memilih mobil berjenis Pickup. Atau kalian ingin membeli mobil untuk kebutuhan keluarga sehari hari maka kamian bisa memilih mobil MPV. Banyak kasus salah dalam memilih kendaraan bekas, terutama peruntukan mobilnya sehingga kalian harus mengeluarkan dana lagi untuk memodifikasi mobil kalian.

Baca Juga :  Deretan Jok Racing untuk Meningkatkan Ketampanan Mobil Kalian

Kedua adalah Budgeting, dana yang akan kalian gunakan untuk membeli mobil bekas adalah utama dalam hal meminang sebuah kendaraan. Budget yang kaalian keluarka juga harus setimpal dengan kondisi mobil yang akan di beli, jangan sampai kalian tergiur dengan harga murah namun mendapatkan kendaraan yang rewel atau banyak mengeluarkan dana untuk perbaikan. Pintar pintarlah dalam menegosiasi saat akan membeli mobil, kalian bisa meminta pendapat pada orang yang lebih berpengalaman untuk menyelaraskan harga dan kondisi moil yang akan kalian beli.

Ketiga yaitu surat menyurat kendaraan. Ini adalah yang paling wajib juga untuk dilakukan saat akan membeli mobil bekas. Jika memang kalian sudah deal dengan penjual mobil tersebut, maka jangan lupa untuk mengecek surat-surat kelengkapan seperti STNK, BPKP, dan lainnya. Cocokkan nomor mesin dan nomor rangka yang tertera pada BPKB dan STNK dengan nomor yang tertera pada body dan mesin mobil. Jika cocok, maka mobil tersebut sah dan aman untuk kalian beli. Lalu jangan lupa juga untuk cek pajaknya, karena kebanyakan mobil bekas dengan harga yang relatif miring pasti pajaknya telat atau bahkan sering di sebut “bobok”.

Baca Juga :  Hal yang Perlu Kalian Perhatikan Sebelum Membeli BMW E30

Keempat, kondisi mobil. ini adalah poin tambahan ketika kalian bertransaksi jual beli mobil di luar dealer mobil bekas. jika kalian membeli di dealer tentu mobil sudah di cek kelayakanya oleh pihak dealer mobil bekas, namun akan beda cerita jika kalian membeli dari makelar atau perorangan. teliti setiap detai bagian mobil mulai dari interior, eksterior, kelengkapan seperti sein, kaca sepion, dan pernik lainya. Cari tahu juga track record mobil tersebut dari pemiliknya, apakah mobil pernah mengalami tabrakan atau belum. dan yang paling harus di perhatikan adalah cek bagian dek dan kerangka mobil, karena jika kalian membeli mobil yang sudah cukup berumur maka pasti akan banyak karat di beberapa bagian mobil.

Baca Juga :  Bersih Bersih Mobil kesayangan Di Rumah

Kelima adalah Mesin, memang ini sebenarnya relatif namun tidak ada salahnya kalian mengecek bagian ini. jangan sampai sang penjual melampirkan bahwa mobil bermesin sehat dan siap untuk di ajak jalan jalan namun pada kenyataanya kalian harus mengeluarkan ekstra dana untuk memperbaiki mesinya. bagian Oli adalah yang wajib pertama kalia kalian cek, lalu suara pada ruang mesin apakah memiliki suara halus atau sebaliknya. jika memang kalian tidak terlalu paham tentang permesinan maka kalian dapat membawa montir pada saat cek mobil.

Itulah beberapa tips untuk kalian jika ingin membeli mobil bekas. ingat mobil bekas bukan berarti mobil yang siap pakai, kalian tetap harus spare dana untuk peremajaan mobil tersebut karena usia pakai dan kilometer mobil pasti juga sudah tinggi. jadi silahkan berburu mobil bekas impian kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *